Kami Bangga Padamu Om Pierre

Ada adegan yg buat saya kagum dg seorang pemuda ketika nonton film G30SPKI.

Yaitu pada saat cakrabirawa tanya, mana “Jendral Nasution?”
dg lantang ada seorang pemuda katakan : “Saya Nasution!” Dengan jiwa patriotiknya dia pasang badan buat sang Jendral yang berhasil kabur dari pagar belakang.
Akhirnya pemuda itu diciduk dan disiksa. Namun semua penyiksaan yg dia terima tdk membuat dia buka mulut. Berkali kali di tanya dalam penyiksaannya “Dimana Jendral?” diapun tetap bungkam.

Dan sampai dipenghujung hayatnya pun dia tetap bungkam dimana keberadaan sang Jendral yang berujung mayatnya di buang kedalam sebuah lobang.

Dia adalah seorang perwira militer Indonesia yang lahir 21 Februari 1939 yang berencana akan menikahi seorang gadis bernama Rukmini Chaimin di bulan November 1965. Namun pemuda ini meninggal 1 Oktober 1965 diusia umur 26. Dia adalah putra dari seorang dokter asal Manado dan Ibu nya bernama Maria Elizabeth Cornet yang berdarah Indo-Perancis.

Mengawali karier militer dengan menjadi Intelijen dan kemudian ditunjuk sebagai ajudan Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution dengan pangkat letnan satu.
Dan setelah kematiannya, pangkatnya dinaikkan secara anumerta menjadi Kapten. Ia juga digelari sebagai Pahlawan Revolusi.
Dia adalah Pierre Andreas Tendean.
Pahlawan revolusi termuda ini, 26 tahun, yang gugur karena pemberontakan G30S PKI tahun 1965, adalah ajudan Jenderal Abdul Haris Nasution. Karena pasukan Tjakrabirawa tidak mengenal Pak Nas in person, maka Pierre yang mengaku sebagai Jenderal Nasution, di rumah beliau yang digrebeg, akhirnya ditangkap, dan gugur di Lubang Buaya yang sangat mengerikan itu. Pak Nas sendiri terselamatkan dengan tindakan heroik Pierre ini.

Pierre yang sangat ganteng ini beribukan seorang Perancis (so you know where he got his surname), fasih berbahasa Inggris dan Perancis, selalu mendapat nilai tertinggi selama mengikuti pendidikan ketentaraan. Dia juga jago bermain basket, bola volli, dan sepakbola. Karena keganasan PKI, Pierre gagal menyunting gadis pujaannya asal Deli, Sumatera Utara, Rukmini, yang rencananya akan dinikahinya 2 bulan lagi.

Betapa bangganya kami punya pahlawan seperti dirimu.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya

Leave a Reply

Your email address will not be published.