Panen Raya Serentak Secara Virtual

Jakarta. Jurnal Utara.com – Hasil pertanian dan perikanan seperti sayuran hidroponik pakcoy, kangkung dan ikan lele yang dikembangkan di area Walkot Farm Jakarta Utara adalah sebagian dari komoditas yang dipanen dalam acara panen serentak se-DKI Jakarta secara virtual yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Senin (30/11).

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rusmanto dan jajaran terkait lainnya turun langsung untuk memanen hasil pertanian dan perikanan.

“Di Jakarta Utara ada 53 peserta yang tersebar di 6 kecamatan ikut bergabung dalam acara panen raya secara serentak diantaranya PKK, RPTRA, kelompok tani, penggiat gang hijau dan kelompok pertanian dan perikanan binaan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara,” jelas Unang Rusmanto, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara di Walkot Farm Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.

Ia menegaskan, acara panen serentak tingkat DKI Jakarta bukan hanya dari sektor pertanian melainkan perikanan dan peternakan. “Beragam hasil panen akan dimanfaatkan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga dan masyarakat. Bahkan ada kelompok binaan yang sudah mendistribusikan hasil panennya ke supermarket di wilayah Kecamatan Penjaringan,” terangnya.

Membangkitkan semangat masyarakat untuk mendukung ketersediaan pangan di wilayah DKI Jakarta harus dipacu dengan pola kolaborasi. “Pemanfaatan lahan kosong untuk pengembangan urban farming makin digencarkan. Bahkan di wilayah Kecamatan Penjaringan dan Kelapa Gading memanfaatkan rooftop apartemen untuk menanam sayuran. Oleh karena itu, kami bersama PKK dan unsur lainnya akan terus menggerakan potensi masyarakat dalam upaya peningkatan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko menghimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pengembangan urban farming minimal di lingkungan tempat tinggalnya. “PKK bergerak dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga. Kalau dari lingkup yang sudah kita bina hasil panennya untuk dikonsumsi keluarga dan tetangga sekitar. Sayuran dan ikan yang dipanen di halaman rumah bisa meningkatkan gizi keluarga,” tuturnya.

Share and Enjoy !

Shares