Selama Pandemi Covid, PT. BKI Tetap Rutin Melaksanakan Donor Darah

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Banyak orang atau kantor yang takut melakukan donor darah selama pandemi, karena takut tertular Covid-19 ketika berdonor, akibatnya kegiatan donor darah menurun menurun secara drastis. Di ujungnya, PMI menjadi sulit menjamin ketersediaan darah bagi pasien-pasien di rumah sakit.

Melihat kondisi seperti ini, PT. Biro Klasifikasi Indonesia (persero) atau BKI tetap rutin melaksanakan kegiatan donor darah suka rela setiap 3 bulan sekali, hal ini disampaikan oleh Kepala Divisi Umum, Agus Wijaya, seusai berdonor darah. Pada Rabu kemarin, 10/02/2021, BKI menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Suka Rela di lantai 11, gedung BKI jalan Yos Sudarso Jalan Yos Sudarso No.38-40, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dijelaskan oleh Agus, bahwa kegiatan ini merupakan partisipasi BKI dalam upaya penyediaan darah yang dibutuhkan masyarakat Jakarta Utara dalam rangka kemanusiaan.

“Jadi kita tiap tiga bulan rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kita membantu pemerintah, untuk penyediaan darah yang mana dalam kondisi seperti ini, kebutuhan darah meningkat,” ujar Agus Wijaya.

Para pendonor sendiri berasal dari kalangan internal BKI. Hal ini dikarenakan situasi masih pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dimana pada masa sebelumnya PT. BKI biasa melibatkan juga dari pihak luar. Target pendonor pada kali ini sebanyak 100 orang.

“Karena masih dalam rangka PSBB ya.. kita masih dari kalangan internal. Kalau keadaan sebelumnya kita bisa melibatkan dari luar, tapi karena kondisinya masih belum memungkinan, kita masih internal” jelas Agus. “Kita menargetkan 100 pendonor.”

“Harapan saya, kegiatan ini mungkinbisa diikuti oleh kantor-kantor mungkin di sekitar BKI,” harap Agus. “Kita bisa bergabung untuk menyelenggarakan donor darah yang lebih besar lagi sehingga stock darah yang ada di PMI itu tidak sampai berkurang dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah secepatnya.”

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya