BeritaBogorEkonomi-BisnisSorotan

Bekas Kebakaran Pasar Leuwiliang Blok B Bakal Jadi Sentral Area Parkir

Shares

Bogor, JurnalUtara.com – Perumda Pasar Tohaga membongkar bangunan blok B Pasar Leuwiliang, yang terbakar pada September 2023 lalu. Nantinya, area tersebut bakal dijadikan sentral parkir kendaraan pedagang, dan pengunjung pasar.

“Hanya tinggal pembenahan bekas kebakaran aja,” ungkap Kasubid Humas dan Protokol Perumda Pasar Tohaga Defi Imanullah, Jumat (12/1/2024).

Perumda Pasar Tohaga membongkar bangunan blok B Pasar Leuwiliang, yang terbakar pada September 2023 lalu.

Ia menerangkan, pembenahan yang dilakukan pada area bekas kebakaran, salah satunya dengan melakukan pembongkaran bangunan pada area blok B Pasar Leuwiliang.

“Ini dilakukan untuk menjaga keamanan bagi para pedagang maupun pengunjung pasar, dari reruntuhan bangunan pasca kebakaran, karena bangunan dinilai sudah rapuh dan kurang layak,” ungkapnya.

Menurut Defi jika dibiarkan begitu saja, khawatir suatu saat atap bangunan yang menyerupai hangar itu roboh, hingga menimbulkan korban.

“Karena itu titik central api tingkat kerusakannya sudah 90 persen, makanya kami lakukan pembongkaran biar tidak membahayakan,” kata Defi.

Seperti pernah diberitakan bahwa 1.615 pertokoan di Pasar Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor ludes dilahap api, setelah belasan jam kebakaran, Jum’at (29/9/2023). Kasubid Humas dan Protokol Perumda Pasar Tohaga, Defi Imanullah mencatat, dari 2.066 pertokoan yang berada di pasar Leuwiliang tersebut, sedikitnya ada 1.615 pertokoan yang terbakar.

Sementara untuk tempat penampungan sementara (TPS) untuk para pedagang, dia mengaku, sebanyak 756 kios dengan ukuran luas 1,25 meter x 1,5 meter kini sudah bisa dimanfaatkan.

“Kios dan los (TPS) pedagang itu kan ditempatkan di area jalan, parkirnya jadi pindah nanti ke gedung yang terbakar,” katanya. (Abi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares

Masuk

Daftar

Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.