Masyarakat Jakarta Utara Berharap Sekda Baru Bisa Sinergi Dengan Gubernur

Jakarta Utara, Jurnalutara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI, di Kantor Balai Kota Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Kemarin sore Senin (18/01/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan dalam sambutannya berharap Sekda baru, H. Marullah Matali, dapat menjalankan fungsi Sekretaris Daerah di Ibu Kota terutama saat masa krisis di tengah pandemi Covid-19.

“Kepada Sekda yang baru dilantik, kita masih dihadapkan dengan situasi krisis kesehatan karena Covid-19. Pemprov DKI juga harus bisa mengembalikan kondisi kesehatan perekonomian yang melemah agar kondisi sosial warga Jakarta bisa berjalan dinamis pada hari-hari ke depan,” ujar Anie R. Baswedan, dalam pidatonya.

Anies juga meminta Marullah dapat memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. Sembari, mengejar target pembangunan yang sudah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Kegiatan Strategis Dasar (KSD).

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan menunjuk H. Marullah Matali sebagai Sekda Pemprov DKI Jakarta dati tiga kandidat yang diajukan Pemprov DKI Jakarta, yakni Asisten Sekda DKI bidang Perekonomian dan Keuangan yang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI Sri Haryati, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Mataliti dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit wijatmoko.

Baca juga : Optimis Kinerja Sekda Baru DKI, Kaum Betawi Gelar Do’a Bersama

Terkait pelantikan Sekda Provinsi DKI Jakarta Marullah Mataliti beberapa tokoh masyarakat Jakarta Utara merasa antusias sekali. Sosok H. Marullah Matali dinilai sebagai pemimpin yang berasal dari karir dan dapat bekerja sama dengan gubernur. Pendapat ini disampaikan oleh tokoh masyarakat Jakarta Utara yang juga anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Nasdem daerah pemilihan 3, H. Hasan Basri Umar.

“Marullah Matali ini pemimpin karir dan beliau berkarir dari bawah. Dan hari ini mencapai puncaknya ditunjuk oleh presiden sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta dari tiga orang calon. Kita berharap Beliau dapat bekerja sama dengan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata anggota DPRD DKI Jakarta ini di kediamannya di daerah Swasembada Barat, kemarin Senin (18/01/2021).

Menurut tokoh yang biasa disapa Bang HBU ini, bila kerja sama sekda dengan gubernur dan wakil gubernur ini bisa berjalan maka kemajuan dan pembangunan DKI bisa berjalan sesuai harapan warga Jakarta umumnya dan Jakarta Utara khususnya.

“Gubernur dan wakil gubernur itu kan dipilih melalui proses politik, sementara sekda itu kan melalui jenjang karir. Dan Sekda adalah perangkat yang tertinggi dari seluruh unsur pembantu kepala daerah. Jadi kalau Beliau bertiga dapat bekerja sama –mudah-mudahan–, maka bisa berjalan apa yang kita harapkan kemajuan dan pembangunan DKI ini sesuai dengan harapan kita semua dan sesuai harapan Pak Gubernur,” tutup Bang HBU.

Bang HBU dan Bang Sabri

Hal yang sama juga diungkapkan oleh tokoh Jakarta Utara lainnya, H. Sabri Saiman yang juga sebagai ketua Palang Merah Indonesia kota Jakarta Utara, yang yakin bahwa pejabat baru sekda provinsi DKI Jakarta dapat mampu membantu mewujudkan program-program yang dibuat gubernur DKI Jakarta, dan sebagai putra Betawi dapat mengembangkan peradaban dan kebudayaan Betawi di Ibukota.

“Kita berharap dengan segala pengalamannya berkarir di DKI Jakarta, Pak Marullah dapat menyerap aspirasi masyarakat terutama warga Jakarta Utara. Kita juga berharap sebagai sekretaris daerah mampu membantu mewujudkan visi-misi dan program-program yang dibuat gubernur. Selain itu juga sebagai putra Betawi harus dapat mengangkat keluhuran budaya dan peradaban Betawi di Ibukota, ” tanggapan tokoh yang yang akrab disapa sebagai Bang Sabri ini.

Senada dengan kedua seniornya, Ketua Jakarta Utara Rumah Kita (JURK) yang juga ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kotamadya Jakarta Utara sekaligus sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah Jakarta Utara, Suwardi, menyatakan bahwa H. Marullah Matali memang layak menjadi Sekda secara hasil uji (tes) nilai beliau paling tinggi urutan pertama. Pak Wardi panggilan, akrabnya, berharap kolaborasi putra betawi dan juga salah satu pengurus DMI bisa sinergi dg pak Gubenur dan Wakil Gubenur bisa meng-implementasi-kan moto “Maju Kota nya Bahagia Warganya”.

“Saya ucapkan selamat mengemban amanah sebagai sekretaris daerah provinsi DKI Jakarta kepada Bang Marullah. Beliau memang layak menjadi Sekda secara hasil uji (tes) nilai beliau paling tinggi urutan pertama. Dan masyarakat Jakarta Utara berharap kolaborasi putra Betawi yang juga salah satu pengurus DMI ini bisa bersinergi dengan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sehingga bisa meng-implementasi-kan moto Maju Kotanya Bahagia Warganya,” komentar Pak Wardi sebgai penutup.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya