Sinergi Pemprov DKI Jakarta & Pelindo II Menyongsong Wajah Baru Pelabuhan Tanjung Priok

JurnalUtara.com – Pada Jum’at, 5 Februari 2021, dalam rangka Hari Pers Nasional, telah diselenggarakan seminar Nasional tentang kepelabuhanan yang bertajuk “Sinergi Pemprov DKI Jakarta & Pelindo II Menyongsong Wajah Baru Pelabuhan Tanjung Priok” dalam format webinar, yang dilaksanakan oleh PWI DKI Jakarta.


Acara Seminar dibuka lewat pidato sambutan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang berisi pesan, betapa sangat pentingnya peran pelabuhan Tanjung Priok dalam kegiatan perekonomian, sebagai pintu gerbang lalu-lintas ekspor dan impor. DKI Jakarta ikut terlibat dan suport untuk kegiatan ini, karena posisinya yang sangat strategis untuk perekonomian Indonesia, karena itu diperlukan pembahasan tenntang kondisi kekinian dari pelabuhan Tanjung Priok. Gubernur berharap kolaborasi yang selama ini terjalin antara Pemprov DKI dan PT. Pelindo II dapat terus ditingkatkan.

“Pelabuhan Tanjung Priuk sangat penting bagi kegiatan perekonomian. Disinilah pintu gerbang untuk kegiatan ekspor dan impor. Dan kalau kita lihat, volume ekspor impor Indonesia sangat besar yang melewati pelabuhan di Tanjung Priok. Karena itu Pemprov DKI Jakarta ikut didalam terlibat kegiatan-kegiatan support untuk pelabuhan ini,” kata Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya, via applikasi Zoom.

Gubernur memandang pentingnya pembahasan tentang kondisi terkini Pelabuhan Tanjung Priok yang telah mengalami kebaruan. Harapannya adalah webminar ini akan menghasilkan ide-ide, gagasan dan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, serta kolaborasi antara seluruh pelaku usaha di Pelabuhan Tanjung Priok dapat terus berjalan.

“Kita berharap ini nantinya akan bisa menghasilkan ide-ide, gagasan, terobosan yang bermanfaat bagi kita semua. Dan saya ucapkan selamat atas diselenggarakan webminar ini. Kita berkeinginan sekali, kolaborasi yang selama ini ada antara Pemprov DKI dengan Pelindo, Pemprov DKI dengan semua pelaku perdagangan yang terlibat di Tanjung Priok bisa berjalan terus. Dan harapannya, insyaallah nanti kerja kita lebih efisien. Manfaat kita lebih dirasakan masyarakat banyak, dan webminar ini memberikan manfaat yang amat besar,” harap.

Tampil sebagai nara sumber pertama dalam seminar adalah, Atal S. Depari, Ketua Umum PWI Pusat, yang membahas soal Tol Laut yang sampai kini tidak ada kejelasannya, kemudian pembicara selanjutnya adalah, Guna Mulyana, GM dari IPC Tanjung Priok, yang mewakili Dirut

IPC membahas tentang pelabuhan Tanjung Priok sebagai Gateway dengan USA, Intra Asia, Eropa dan Asutralia. Kemudian Capt, S, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok tampil sebagai pembicara berikutnya, yang memaparkan tentang tugas pelabuhan, hirarki dan dasar hukumnya.

Dan sebagai pamungkas dari semua pembicara, tampil bang Sabri Saiman yang berbicara dalam kapasitasnya sebagai pelaku usaha yang sudah malang melintang di pelabuhan Tanjung Priok dan sebagai tokoh masyarakat Jakarta Utara, yang dalam penyampaiannya, mengatakan betapa sangat pentingnya sinergitas antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok, sebagaimana yang juga disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta didalam pidato sambutannya. Sebagai pelaku usaha bang Sabri menyampaikan, jika ingin membangun Jakarta, maka dimulai dari menata Jakarta Utara dimana pelabuhan Tanjung Priok berada.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya