Ratusan Lansia Sukapura Serbu Kegiatan Vaksinasi Dinamis Berbasis Wilayah

 

Jakarta. Jurnalutara.com – Ratusan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Sukapura mengikuti kegiatan vaksinasi dinamis berbasis wilayah yang berlokasi di SDN Sukapura 02 pagi, Senin (22/3). Kepala Puskesmas Kelurahan Sukapura, drg. Lesti Harni menjelaskan, sejak tanggal 3 Maret sampai saat ini jumlah lansia yang sudah divaksin di Puskesmas Kelurahan Sukapura mencapai 800 orang. Sedangkan jumlah lansia secara keseluruhan di wilayah Kelurahan Sukapura sekitar 2.800 orang.

“Target peserta vaksin lansia hari ini sekitar 400 orang dari 12 RW. Untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi dinamis di wilayah Kelurahan Sukapura, kami telah menjalin kerjasama dengan semua lintas sektor termasuk Kelurahan Sukapura, Satpol PP, RS Umum & Pekerja, Yayasan HOPE Indonesia, kader PKK, dasawisma, pengelola RPTRA serta unsur terkait lainnya,” ungkapnya saat ditemui di SDN Sukapura 02 Pagi.

Melihat antusias warga lansia yang datang langsung ke SDN Sukapura 02 Pagi. Ia mengaku optimis bisa mencapai target yang ditentukan. “Luar biasa semangat para lansia ini, dengan semangat yang tinggi mereka hadir disini untuk divaksin agar terlindungi dari ancaman COVID-19. Untuk menyenangkan warga lansia yang sudah ikut vaksin hari ini kami bersama HOPE akan memberikan souvenir minyak goreng,” terang drg. Lesti.

Dalam kegiatan tersebut, lima tim kesehatan gabungan dari Puskesmas Kecamatan Cilincing, Puskesmas Kelurahan Sukapura dan RS Umum & Pekerja diterjunkan untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin lansia. “Satu tim kesehatan terdiri dari 6 atau 8 orang berarti sekitar 30-an tenaga kesehatan yang turun dan siap melayani warga lansia yang ingin divaksin. Pelaksanaan vaksinasi dinamis di SDN Sukapura 02 Pagi tetap mengedepankan ketentuan protokol kesehatan seperti memakai masker, pengaturan jarak antrian, menyiapkan tempat cuci tangan didepan pintu masuk dan hal lainnya,” ujarnya.

Layanan antar jemput lansia menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi dinamis tetap dijalankan. “Ada tiga mobil operasional yang disiapkan untuk mengantar lansia yang ingin divaksin. Dua mobil operasional Lurah dan satu mobil Satpol PP. Selain melaksanakan sistem antar jemput lansia, kami juga menyiapkan masker dari BPBD dan minyak goreng gratis dari HOPE yang akan dibagikan kepada 400 peserta vaksin lansia. Intinya, kami hanya ingin membuat mereka nyaman dan membahagiakan warga Sukapura,” tutur Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim.

Sedangkan salah satu peserta vaksin lansia, H. Ene (70), warga RW 01 Kelurahan Sukapura mengaku tidak takut untuk disuntik vaksin. “Saya tidak takut dan mau disuntik karena vaksin itu penting untuk kesehatan. Sebelum divaksin tadi diperiksa dulu kesehatannya. Mudah-mudahan setelah divaksin bisa lebih sehat lagi,” harapnya.

Share and Enjoy !

Shares