Pendaftaran Seleksi Calon Paskibraka Jakarta Utara Dibuka

Jakarta. Jurnalutara.com – Pendaftaran seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Administrasi Jakarta Utara resmi dibuka.

Jika lolos seleksi, peserta berkesempatan mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih mulai dari tingkat kota, provinsi, atau pun nasional pada Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Utara Heru Hariyanto mengatakan pendaftaran seleksi Capaska telah dibuka sejak Selasa (23/3) hingga Selasa (6/4) mendatang. Seleksi digelar secara berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

“Sesuai arahan dari Kementerian Pemuda Olahraga dan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, pendaftaran seleksi Capaska Jakarta Utara sudah dibuka,” kata Heru saat dikonfirmasi, Rabu (24/3).

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Jakarta Utara Satria Nico Firdaus menjelaskan, calon peserta dapat mengakses laman https://linktr.ee/ppiju untuk mengisi formulir pendaftaran. Pendaftaran ini hanya diperuntukkan bagi 300 pendaftar dari enam kecamatan se-Jakarta Utara.

“Link pendaftaran juga dapat diakses di biodata instagram @ppiju. 300 peserta yang terdaftar akan menjalani tahap seleksi untuk mencapai format tim Paskibraka sebanyak 42 orang dan 24 diantaranya dapat mengikuti seleksi di tingkat provinsi dan nasional,” jelasnya.

Diterangkannya, pendaftaran dikususkan bagi pelajar kelas 10 baik jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maupun Madrasah Aliyah (MA).

Calon peserta berpenampilan menarik dengan tinggi badan 170 sentimeter untuk pria dan 165 sentimeter untuk wanita. Termasuk melampirkan surat persetujuan orang tua dan dinyatakan sehat jasmani dan rohani serta berakhlak baik dan menjunjung tinggi kedisiplinan.

“Peserta yang lolos seleksi tahap satu akan menjalani tes pengetahuan umum dan psikotes untuk dapat mengikuti seleksi tahap ketiga yakni verifikasi berkas administrasi asli, tes Peraturan Baris Berbaris (PBB), serta pantohir,” tutupnya.

Berikut Tahapan Seleksi Capaska Kota Adminitrasi Jakarta Utara :

– Sosialisasi dan Pendaftaran : 23 Maret 2021 sampai 5 April 2021

– Webinar dengan tema “Tetap Berprestasi di Masa Pandemi” : 28 Maret 2021

– Penutupan Pendaftaran : 6 April 2021

– Latihan gabungan dan pengumuman seleksi tahap satu : 7 April 2021

– Seleksi tahap dua dan pengumuman : 8 April 2021

– Seleksi tahap tiga dan pengumuman : 10-11 April 2021ö

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya