Pelatihan Metode Montessori Bagi Guru PAUD Akan Dilanjutkan Secara Daring 

Jakarta. Jurnal Utara.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bersama Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara melanjutkan kerjasama dengan Yayasan Kiddie Planet dalam peningkatan kualitas guru-guru PAUD melalui pelatihan metode pembelajaran montessori. Ada tiga kecamatan dengan 90 peserta yang menjadi target awal kegiatan pelatihan guru PAUD yaitu Penjaringan, Tanjung Priok dan Kelapa Gading.
“Awal 2020, pelatihan ini sempat terlaksana secara luring namun terhenti akibat pandemi COVID-19 di pertengahan Maret 2020. Sesuatu yang tertunda cukup lama dan sekarang ini pelatihannya bisa dilanjutkan kembali dengan menerapkan konsep daring,” ungkap Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat menghadiri kegiatan pelatihan guru PAUD di Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Jumat (21/5).
Menurutnya, sinergi dengan Yayasan Kiddie Planet dalam upaya meningkatkan mutu pendidik akan melengkapi program pemerintah dalam membangun generasi kedepan agar lebih sukses dan mampu bersaing di tingkat internasional. “Montessori adalah metode pembelajaran yang pas dalam mendidik anak-anak PAUD. Ada lima aspek dalam metode montessori yaitu kehidupan sehari-hari, sensori, bahasa, matematika dan budaya,” jelasnya.
Dengan menerapkan metode pembelajaran montessori akan memberikan kebebasan pada anak yang sesuai dengan karakternya. “Anak-anak tidak tertekan dan sesuai karakternya. Tanpa terasa mereka telah mempelajari berbagai materi. Anak-anak didik ini bukan barang cetakan yang semua sama. Tidak seperti itu, anak-anak mempunyai karakter dan kelebihannya masing-masing,” tegas Ali didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman.
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti berpesan kepada peserta pelatihan metode montessori untuk dapat mengikuti sesi pelatihan dengan baik dan mengimplementasikannya di sekolah. “Pelatihan secara daring akan dimulai tanggal 24 Mei hingga Juni mendatang. Sedangkan kualitas guru PAUD yang meningkat akan berimbas juga kepada peningkatan keterampilan dan kreativitas anak didik,” tuturnya.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya