Ikatan Alumni Pelajar Jakarta Utara Gelar Aksi Sosial dan Kemanusiaan di Markas PMI

Jakarta. Jurnal Utara.com – Ikatan Alumni Pelajar Jakarta Utara menggelar Aksi Sosial dan Kemanusiaan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara, Jalan Plumpang Semper No 54, Koja, Rabu (4/8).

Setali tiga uang, aksi sosial vaksinasi, donor darah, dan swab antigen digelar secara bersamaan selama tiga hari ke depan hingga Jumat (6/8) mendatang.

Ketua Pelaksana Aksi Sosial dan Peduli Kemanusiaan Ikatan Alumni Pelajar Jakarta Utara, dr. Komala Dewi mengatakan aksi sosial ini dilatar belakangi kepedulian pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sekaligus tingginya permintaan pasien terhadap stok darah.

Sehingga akhirnya panitia memilih aksi sosial dan kemanusiaan ini dengan menggelar vaksinasi untuk dosis satu dan dua, donor darah, dan swab antigen murah secara bersamaan.

“Ikatan Alumni Pelajar Jakarta ini kan merupakan wadah silaturahmi. Kami ingin silaturahmi ini bisa bermanfaat baik itu untuk anggota maupun masyarakat secara luas,” kata Dewi saat dikonfirmasi, Rabu (4/8).

Untuk vaksinasi, panitia menyediakan 1.200 dosis jenis Sinovac dengan estimasi empat ratus dosis setiap harinya.

Sedangkan untuk donor darah diharapkannya terkumpul sebanyak-banyaknya agar mampu memenuhi permintaan pasien terhadap stok darah di PMI Kota Jakarta Utara.

Begitu pun layanan swab antigen yang tidak dibatasi namun dianjurkan dilakukan sebelum vaksinasi.

“Kami anjurkan donor darah dilakukan peserta vaksinasi lima hari pasca vaksinasi. Tapi kalau sudah divaksin sebelumnya bisa langsung mendonorkan darahnya. Termasuk juga swab antigen untuk mengetahui kondisi tubuh terhadap paparan Covid-19,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua PMI Kota Jakarta Utara, Endang KS menyambut baik aksi sosial dan Kemanusiaan yang digelar Ikatan Alumni Pelajar Jakarta Utara.

Ini merupakan wujud kolaborasi pemangku kepentingan lainnya (stakeholder) dalam mempercepat terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity terhadap Covid-19, sekaligus memperbanyak stok darah yang sangat dibutuhkan pasien.

Dalam pelaksanaan aksi sosial dan kemanusiaan ini, empat dokter dan empat vaksinator ditugaskan melayani layanan vaksinasi. Sedangkan untuk donor darah menugaskan dua dokter dan delapan relawan.

“Kami sangat berharap banyak peserta berpartisipasi dalam aksi sosial dan kemanusiaan ini karena dapat mempercepat herd immunity dan memperbanyak stok darah karena darah kita dibutuhkan bagi pasien yang membutuhkannya,” tutupnya.

Diketahui, Ikatan Alumni Pelajar Jakarta Utara diikuti puluhan anggota dari 36 ikatan alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Pertama (SMA) se-Jakarta Utara.

Selain dengan PMI, aksi sosial dan kemanusiaan ini juga berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Darah Indonesia (PDDI) Jakarta Utara dan komunitas kemasyarakatan.

Share and Enjoy !

Shares