Kel. Tugu Selatan Bersama CSR PT Pertamina Lubricants Resmikan Diri Sebagai Kampung Integritas dan Kolaborasi

Jakarta. Jurnal Utara.com – Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara meresmikan diri sebagai Kampung Integritas dan Kolaborasi, Jumat (29/10). Hal ini menyusul keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholder) PT Pertamina Lubricants melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dalam sejumlah program pemberdayaan masyarakat yang difokuskan pada bidang lingkungan hidup.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengucap terima kasih dan apresiasi terhadap PT Pertamina Lubricants yang terlibat dalam pemberdayaan masyarakat melalui program CSR. Terlebih program kolaborasi yang dihadirkan turut mengedepankan bidang lingkungan hidup yang membawa manfaat baik bagi lingkungan maupun masyarakat Kelurahan Tugu Selatan.

“Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih dan apresiasi bagi PT. Pertamina Lubricants yang telah terlibat melalui program CSR untuk bersama memberdayakan masyarakat melalui bidang lingkungan hidup. Ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk masyarakat sekitar, tapi juga untuk lingkungan kita,” kata Ali saat ditemui dalam acara Peresmian Program CSR PT. Pertamina Lubricants di Kelurahan Tugu Selatan dengan tema ‘Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi’, Jumat (29/10).

Ali berharap, program CSR seperti ini menjadi contoh bagi tiga puluh kelurahan lainnya di Jakarta Utara. Tidak hanya bidang lingkungan hidup, program CSR tersebut dapat diwujudkan berupa pembinaan ekonomi kemasyarakatan maupun aksi sosial yang tentunya sesuai dengan karakteristik wilayah dan dilakukan secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini bisa menjadi contoh dan berharap juga program yang dilaksanakan hari ini bisa berkelanjutan dan semakin berkembang,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Manager Production Unit Jakarta PT Pertamina Lubricants, Dodi Arif Aditia menerangkan program CSR di Kelurahan Tugu Selatan telah hadir sejak 2018 lalu dengan menyerahkan alat pres pengolahan sampah pada Bank Sampah Berkah.

Program CSR itu pun terus berkembang seperti pembinaan pengolahan drum bekas menjadi kursi, penanaman obat keluarga (toga), bantuan Posyandu, memberikan peralatan bengkel ganti oli dengan sampah, dan pelatihan service Air Conditioner (AC).

“Harapan kami semua yang telah dihadirkan bersama memberikan bekal cukup agar warga bisa hidup lebih mandiri, termasuk juga bagi kelestarian lingkungan hidup ke depannya,” tutupnya.

Diketahui, acara ini turut dihadiri pejabat dan tamu undangan lainnya seperti Camat Koja, Ade Himawan, Lurah Tugu Selatan, Sukarmin, Senior CSR PT Pertamina Lubricants, Subekan Amrullah, Ketua Forum RT/RW Jakarta Utara, Suaib, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Mayarakat (FKDM) Kecamatan Koja, Iwan Sulaiman, Ketua Forum RT/RW Kelurahan Tugu Selatan, Sugandi, Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Tugu Selatan, Slamet, dan Ketua Dewan Kota Kecamatan Koja, Arifin.

Acara diisi dengan pemukulan gong penanda peresmian Program CSR PT. Pertamina Lubricants di Kelurahan Tugu Selatan dengan tema ‘Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi’, penandatanganan prasasti, dan diakhiri dengan peninjauan Gapura Kelurahan Tugu Selatan yang telah rampung dibangun melalui swadaya masyarakat.

Share and Enjoy !

Shares