Seratus Nelayan Cilincing Ikut SLCN BMKG

Jakarta. Jurnalutara.com – Seratus nelayan di wilayah Kecamatan Cilincing ikut serta dalam program Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Aula Kantor Camat Cilincing. SLCN akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (2/11) hingga Kamis (4/11) mendatang.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim turut mengapresiasi program SLCN yang melibatkan nelayan Cilincing. “Nantinya, para nelayan akan diajarkan secara teknologi melalui sistem INA-WIS atau Indonesian Weather Information for Shipping yang akan membantu nelayan dalam pelayanan informasi cuaca dan pemetaan titik-titik tangkapan hasil laut,” ungkapnya saat menghadiri pembukaan SLCN di Aula Kantor Camat Cilincing, Selasa (2/11).

Selama ini, para nelayan mengandalkan pengalaman melaut secara turun menurun dan membaca tanda-tanda alam. “Jangan sampai mereka melaut dan tidak akan kembali karena tidak bisa memprediksi cuaca ekstrim. Tentunya, secara teknologi dan pengalaman akan disinergikan untuk meningkatkan keselamatan para nelayan saat melaut,” tutur Ali didampingi Camat Cilincing, Muhammad Andri.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menjelaskan SLCN dihadirkan sebagai bagian dan salah satu program prioritas pemerintah yang diselenggarakan melalui BMKG. “Diharapkan dengan adanya SLCN dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang perkembangan cuaca yang menjadi panduan ketika hendak melaut. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta bisa menyampaikan kembali informasinya kepada teman-temannya,” ujar Eko.

Share and Enjoy !

Shares