Kolaborasi Stakeholder dan Pemkot Jakut Peringati Hari Penyandang Disabilitas Tahun 2021.

Jakarta. Jurnalutara.com – Kolaborasi Yayasan Aldi Bersama Kami (ABK), Komite Juang, FKDM, SEHATi, Karang Taruna, BAZNAS, Bank DKI dan Pemerintah Kota Jakarta Utara memperingati Hari Disabilitas International Tahun 2021, di Gedung Fatahillah lantai II Kantor Walikota Jakarta Utara, Minggu (12/12).
Sejumlah anak penyandang disabilitas unjuk kebolehan dihadapan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0502 Jakarta Utara, Kolonel Infantri Roynald Sumendap. Kebolehan berupa pagelaran seni budaya ini ditunjukkan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021

Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan tentunya kami sangat bangga tadi melihat mereka pentas seni dan budaya. Tadi ada yang melantunkan ayat suci Al Quran dan menyanyi. Suaranya merdu. Saya kira kalau saya yang lakuin itu juga tidak sebagus mereka, kata Ali Maulana Hakim

” Peringatan Hari Disabilitas Internasional bukanlah sekadar seremonial belaka, melainkan mengingatkan semua pihak untuk senantiasa menghadirkan kesetaraan bagi sesama,”

Oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti halnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, kesetaraan itu diwujudkan melalui hadirnya kebijakan pemenuhan kewajiban dasar maupun pembangunan sarana dan prasarana bagi disabilitas.

“Pemerintah dalam perencanaan dan pelaksanaannya kesetaraan disabilitas bukan hanya seremonial tetapi juga beberapa sarana prasarana dan kebutuhan dari mereka (disabilitas) dapat terpenuhi. Misalkan sarana dan prasarana itu seperti adanya pembangunan sarana umum yang khusus bagi disabilitas. Begitu juga dalam hal pendidikan dan memberikan mereka kesempatan untuk eksis dalam proses pembangunan,” tutur Ali Maulana Hakim.

Ketua Yayasan Aldi Bersama Kami, Anita Yulianti mengapresiasi sikap responsif Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang mendukung terlaksananya Pagelaran Seni Budaya dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 ini.

Kegiatan ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan sebelumnya berupa perlombaan menyanyi, puisi, dan cipta jingle 5M bagi disabilitas se-Indonesia yang dimulai sejak Oktober 2021 lalu.

“Ini adalah kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang mana sesuai dengan himbauan dari ibu Menteri Sosial (Tri Rismaharini) bahwa pelaksanaan HDI di Tahun 2021 ini agar dilaksanakan oleh seluruh gubernur, bupati, dan walikota seluruh Indonesia. Maka kami dari Jakarta Utara berusaha untuk mengajukan permohonan ke Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan Alhamdulillah responnya sangat luar biasa. Beliau mendukung sepenuhnya kegiatan ini sehingga terlaksana,” tutupnya.

Diketahui, acara ini juga diisi dengan penyerahan hadiah juara pertama Lomba Jingle 5M hasil kolaborasi antara Yayasan Aldi Bersama Kami, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, dan Bank DKI. Termasuk penyerahan lukisan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang merupakan hasil karya disabilitas.

Share and Enjoy !

Shares