BeritaJakarta UtaraSorotan

Anggota LMK Harus Bersinergi Dengan Pihak Terkait dan Paham Akan Tufoksinya .

Shares

Jakarta. Jurnalutara.com – Hari ini 82 Anggota Lembaga musyawarah Kelurahan (LMK) se Kecamatan Koja dilantik oleh Camat Koja Ade Himawan mewakili Walikota Jakarta Utara di Gedung Pelatihan IPC Jalan Alur Laut Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara, Rabu (22/12).

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim melalui Zoom meeting menyampaikan selamat kepada 443 anggota LMK terpilih periode 2021 sampai dengan 2024. Sebagai mitra dalam penyelenggaraan pemerintah, diharapkan anggota LMK terpilih dapat membantu tugas lurah dalam menampung aspirasi, meningkatkan partisipasi, dan pemberdayaan masyarakat.

“Dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota LMK harus mampu bersinergi dan bekerja sama dengan jajaran Pemerintah Kelurahan, pengurus Rukun Tetangga (RT), pengurus Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat dan lembaga masyarakat lainnya di wilayahnya masing-masing. Apabila ada permasalahan yang timbul agar segera diselesaikan dengan prinsip musyawarah dan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,” kata Ali Maulana Hakim.

Ali berpesan kepada seluruh anggota LMK terpilih untuk melaksanakan empat hal ini usai pelantikan yang diselenggarakan di setiap kecamatan.

Pesan tersebut yaitu mempelajari Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Lembaga Musyawarah Kelurahan serta pedoman teknis LMK, menyelenggarakan rapat pertama yang dipimpin anggota LMK tertua sebagai ketua sementara dan anggota LMK termuda sebagai wakil ketua sementara paling lambat tiga hari usai pelantikan, melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua definitif secara demokratis paling lambat tujuh hari sejak mengucap sumpah janji sebagai anggota LMK, dan terakhir menyusun Tata Tertib LMK periode 2021 sampai dengan 2024 paling lambat satu bulan terpilihnya ketua dan wakil ketua definitif.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada Anggota LMK periode 2021 sampai dengan 2024. Mari kita bersama-sama saling mendukung untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ali juga mengucap terima kasih dan apresiasi kepada jajaran kecamatan, kelurahan, Panitia Pemilihan Calon (PPC), dan Panitia Pemilihan Bakal Calon (PPBC) tingkat RW yang telah bekerja keras sehingga proses pemilihan anggota LMK periode 2021 sampai dengan 2024 berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang ada, jelas Ali Maulana Hakim.

Ketua Forum RT RW Jakarta Utara Suaib usai pelantikan LMK se- Kecamatan Koja mengucapkan selamat dan sukses kepada anggota LMK se- Kecamatan Koja periode 2021-2024 yang dilantik hari ini.

” Karena kita merupakan bagian yang sama, harapan kami tentunya
LMK bisa menjalankan arahan pak Walikota, mempelajari dan mendalami peraturan yang ada, menjalankan tugas pokok dan fungsinya LMK, kemudian melakukan giat yang lebih baik kedepannya, sehingga menjadi LMK yang di Lantik hari ini dapat menjadikan warna baru dikecamatan Koja pada umumnya,” harap Suaib

Kita akan melakukan musyawarah dengan LMK untuk bagaimana caranya membuat satu program, terobosan, yang tentunya menjadi kuasa tanggung jawab LMK akan kita pertajam lagi, agar LMK bisa berfungsi dan berguna bagi masyarakat, karena LMK merupakan perwakilan masyarakat maka LMK harus bersinergi, dan mampu menampung aspirasi masyarakat, untuk kesejahteraan masyarakat, pesan Suaib

Sementara itu Anggi Anggota LMK RW 04 Kelurahan Tugu Selatan merasa bersyukur diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk menjadi LMK, dan akan terus membina kerja sama dengan pihak RW yang selama ini terjalin baik di RW 04, ujar Anggi

” Saya tidak punya Program khusus, yang pasti kami mitra lurah, dalam mensosialisasikan program-program pemerintah dan menampung aspirasi masyarakat untuk disampaikan pada pihak pemerintah, ” tutup Anggi.

Shares

Masuk

Daftar

Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.