Pemkot Jakut Bersama Warga Peringati HPSN 2021 Di RW 07 Kelurahan Tugu Selatan

Jakarta Utara, Jurnalutara.com – Warga bersama Pemerintah Kota Jakarta Utara memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, di RW 07, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Kamis (25/02/2021). Dipilihnya RW 07 sebagai tempat kegiatan, karena sudah banyak dijadikan contoh dalam pengelolaan Lingkungan Hidup baik dalam pengelolaan Bank sampah ataupun kegiatan yang meminimalisir limbah yang merusak lingkungan hidup. Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto, ketika membuka rangkaian HPSN 2021.

Ketua RW 07 Kel. Tugu Selatan, Suaib

“Mudah mudahan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kota Jakarta Utara ini yang kita canangkan hari ini bisa menggema dan membahana khususnya di wilayah Jakarta Utara dan bisa memberikan contoh yang baik. Alhamdullilah, jika kita bisa mengelola sampah dapat menimalisir musibah-musibah banjir, polusi udara dan sebagainya,” ungkap Suroto.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Haryadi, mengatakan bahwa Pemkot memilih RW 07 menjadi tempat rangkaian HPSN 2021 , karena melihat di RW 07 telah dilakukan upaya-upaya yang bijak dalam pengelolan sampah dan Sudin Lingkungan Hidup hadir dalam rangka upaya-upaya yang bijak dalam pengelolaan sampah yakni bagaimana mengurangi sampah dari sumbernya.

“Dari tema HPSN Tahun 2021 yakni Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi, kita laksanakan rangkaian kegiatan bagaimana adanya kolaborasi baik dari dunia usaha, masyarakat dan juga pemerintah,” kata Haryadi. “Dimana masyarakat sendiri sudah melakukan inisiasi pemberdayaan masyarakatnya untuk peduli dalam rangka pengurangan sampah baik itu organik, an organik maupun B3.

Sementara itu, Ketua RW 07 Tugu Selatan yang juga Ketua Forum RT-RW Jakarta Utara, Suaib, menuturkan bahwa warga merasa merasa bersyukur dan bangga RWnya jadi tuan rumah pelaksanaan HPSN 2021. Warga RW 07 menyampaikan apresiasinya Pemkot Jakarta Utara yang telah melakukan suatu terobosan dengan melakukan edukasi terus menerus kepada warga agar pengelolaan sampah bisa menjadi baik.

“Kami di RW 07 memang sejak awal telah berkomitmen untuk ikut berperan aktif, berkolaborasi dengan ASN, dengan Lingkungan Hidup, untuk penanganan sampah, khususnya di RW 07, agar penanganan sampah secara mandiri di RW 07 bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan satu harapan tidak ada lagi sampah di RW 07 dibuang ke Bantar Gebang,” tutup Ketua RW Suaib.

“Yang kami harapkan ini menjadi motivasi bagi seluruh warga Jakarta. Keberhasilan dalam suatu program terletak pada keikutsertaan serta seluruh komponen,” tutup Suaib. (Eko)

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya