Ratusan Petugas Gabungan Angkat Lumpur dan Eceng Gondok Dalam Giat Gerebek Lumpur di Kecamatan Cilincing

Jakarta. Jurnalutara.com – Saluran air sepanjang 850 meter sisi barat yang melintasi Kelurahan Rorotan dan Marunda menjadi target utama kegiatan gerebek lumpur dan eceng gondok. Ratusan petugas gabungan bersama masyarakat dikerahkan untuk membersihkan lumpur, eceng gondok, dan sampah yang menghambat aliran air.

“Saluran makro dikerjakan bersama-sama secara kolaborasi dengan semua unsur. Sejak Agustus lalu, di setiap minggunya kegiatan gerebek lumpur sudah dilaksanakan secara bergantian d seluruh wilayah Kecamatan Cilincing. Sekarang ini, kita bersihkan sisi barat Kelurahan Rorotan dan Marunda karena saluran airnya dipenuhi eceng gondok yang dapat menghambatnya aliran air,” terang Camat Cilincing, M.Andri saat memimpin apel gerebek lumpur dan eceng gondok di Cluster Norfolk Rorotan Kirana Legacy, Minggu (10/10).

Pembersihan lumpur dan eceng gondok di lokasi tersebut akan dilakukan secara berkala dan tersistem. “Kita sudah persiapkan berbagai langkah antisipasi menghadapi musim hujan. Untuk itu, kita akan bersihkan secara cepat dan tuntas agar hasilnya dapat optimal dan dirasakan oleh masyarakat terutama dalam mengatasi genangan air,” ungkapnya.

Sedangkan sasaran kegiatan kali ini yaitu membersihkan dan mengangkut eceng gondok dari aliran sungai sepanjang 5 m x 660 m, mengeruk sedimen atau lumpur sedalam 1 m, membersihkan rumput dan pohon liar. “Setelah dibersihkan, diharapkan air dari sisi barat dapat mengalir lancar menuju Kali Blencong hingga bermuara ke laut,” tutur M.Andri.

Di kesempatan itu pula, Camat menghimbau kepada ratusan petugas gabungan yang turun langsung dalam gerebek lumpur dan eceng gondok untuk tetap menjaga keselamatan saat bertugas. “Hari ini, kita fokus bekerja di area perairan walaupun tidak terlalu dalam tapi harus selalu hati-hati dan saling menjaga satu sama lain,” ujarnya.

Share and Enjoy !

Shares