ArtikelRamadhan KarimSorotan

Keutamaan Sabar Dalam Puasa di Bulan Ramadhan

Shares

Jakarta, Jurnalutara.com – Saat mejalani puasa di bulan Ramadan umat Islam bersabar menunggu azan Magrib untuk berbuka. Itu sebabnya kesabaran menjadi hal yang penting dilakukan terutama saat puasa di bulan Ramadan. Apa keutamaan sabar saat puasa?

Keutamaan Sabar Saat Puasa

Menjalankan perintah Allah SWT untuk menjalankan ibadah puasa juga merupakan bentuk kesabaran. Kesabaran untuk menjalankan perintah-perintah Allah, meninggalkan larangannya. Hal ini tertuang dalam hadis yang berbunyi :

الصَّوْمُ نِصْفُ الصَّبْرِ

Artinya : “Puasa itu separuh kesabaran” (HR Tirmidzi)

Sikap sabar dalam menjalankan puasa di bulan Ramadan juga bentuk amalan yang kepada Allah SWT. Orang yang bersabar saat puasa akan dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Hal ini tertuang dalam hadis berikut :

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya : “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (Imam Ibnu Rajab al-Hanbali).

Selain mendapat pahala tanpa batas, sabar juga memiliki sejumlah keutamaan yakni :

1. Diberi Petunjuk

Allah SWT akan memberi petunjuk baik itu tentang kabar gembira, berkah, petunjuk dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar kepada-Nya. Hal ini tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 155-157 yang berbunyi :

“… Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

2. Kunci Kebaikan

Sabar menjadi kunci kebaikan. Selain sabar, kunci kebaikan yang lainnya yaitu syukur. Jika seorang muslim menerima segala sesuatu nya dengan penuh kelapangan dan kesabaran maka akan baik baginya. Hal itu tertuang dalam hadis yang berbunyi :

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُصَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Artinya : “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, semua urusan baik baginya dan itu tidak ditemukan kecuali pada diri seorang mukmin. Jika mendapat kelapangan dia bersyukur dan itu baik baginya dan jika mendapat kesempitan dia bersabar dan itu baik baginya.” (HR Muslim)

3. Mendapatkan Martabat yang Tinggi

Dalam Al-Qur’an surah Al-Furqan ayat 75, Allah SWT menjanjikan martabat yang tinggi bagi orang-orang yang sabar. Segala ujian yang diberikan oleh Allah harus dijalani dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Firman Allah dalam surah Al-Furqan ayat 75 yakni :

“Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.”

4. Dicintai Allah

Keutamaan sabar yang selanjutnya adalah dicintai oleh Allah SWT. Orang yang bersabar akan dijaga oleh Allah dan juga dikasihi oleh-Nya. Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an surah Ali-Imran ayat 146 yang berbunyi :

وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِين

Artinya : “Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar.”

Demikian informasi terkait keutamaan sabar terutama pada bulan Ramadan, semog bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares

Masuk

Daftar

Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.