BeritaJakarta Utara

Uji Coba Pertama Sukses, Sudin KPKP Panen 60 Kilogram Bawang Brebes

Shares

Jakarta. Jurnalutara.com – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara memanen bawang merah jenis Brebes, di Balai Penyuluhan Pertanian Sukapura, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Sebanyak 60 kilogram bawang didapatkan dari program uji coba pertama.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara Unang Rustanto mengatakan sumber bibit bawang Brebes didapatkan dari UPT P2 BPT DKI Jakarta.
“Ini adalah program uji coba pertama. Keberhasilan panen bawang merah ini juga untuk mencontohkan kepada masyarakat tentang pertanian perkotaan yang bisa dikerjakan di lahan kecil dan hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya, Rabu (10/2).

Unang menambahkan pada lahan seluas 500 meter persegi, Sudin KPKP Jakarta Utara berhasil memanen 60 kilogram bawang.
“Dengan masa tanam kurang dari 50 hari. Untuk idealnya 60 hari, namun kondisi cuaca di BPP Sukapura sedang tidak baik, hujan terus-menerus dan ada genangan. Dengan kondisi seperti itu kita putuskan panen lebih awal dan hasil uji coba pertama menanam bawang ini lumayan baik,” ungkapnya.

Unang mengatakan hasil panen pertama ini akan digunakan kembali sebagai bibit untuk masa tanam selanjutnya.
“Tidak untuk dijual terlebih dahulu, karena masih uji coba. Sebagian hasil panennya akan dijadikan bibit dan sebagian digunakan untuk kebutuhan sendiri. Mungkin hasil penanaman selanjutnya yang akan dijual ke masyarakat,”tuturnya.

Rencananya, Sudin KPKP dalam waktu dekat akan melakukan panen cabai rawit di BPP Sukapura. Untuk masyarakat Jakarta Utara khususnya di wilayah Kecamatan Cilincing yang ingin mengetahui cara menanam, merawat cabai rawit sampai dengan panen dapat mengunjungi BPP Sukapura. Nantinya disana masyarakat dapat belajar memaksimalkan pekarangan sempit rumahnya sebagai lahan pertanian perkotaan secara langsung.(Eko).

Shares

Masuk

Daftar

Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.