Demi Anak-anak Thalassemia, FRONTAL Gerakan Donor Darah Akbar 27-28 Februari Nanti.

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Forum Organisasi Antar Alumni Sekolah di Pademangan atau disebut dengan FRONTAL PADEMANGAN menggagas gerakan 1000 kantung darah untuk PMI , dalam acara Donor Darah Akbar yg bertajuk “DARAHKU UNTUK SAUDARAKU”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan bisa membantu PMI Jakarta Utara terkait kekurangan darah di masa Pandemi ini.

Menurut ketua panitia, Andrian Emboel, kegiatan mulia ini akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Februari 2021 di 3 tempat yang telah ditentukan panitia, yakni, di Lobby Apartemen Northland Ancol Residence, di Aula SMA 40 dan di Aula SMPN 34 . Seluruh lokasi berada di kecamatan Pademangan.

” Ya, Kami akan mengajak masyarakat yang pernah bersekolah di Pademangan, baik ketika SD, SMP maupun SMA utk mendonorkan darah nya agar bisa membantu ketersediaan darah di PMI dan bisa membantu saudara saudara kita yg membutuhkan, terlebih lagi pada anak anak penderita Thalasemia,” ujar Andrian Emboel yang berasal dari IKALUNI 23 .

Thalassemia merupakan kelainan darah yang diturunkan, bagi penderitanya transfusi darah rutin harus dilakukan untuk dapat bertahan hidup dan beraktivitas normal. Sebelum pandemi covid-19 merebak di tanah air, kebutuhan itu tidaklah terlalu sulit untuk dipenuhi. Tetapi sejak pandemi Covid-19 merebak pada Maret 2020, terjadi penurun donor darah, yang mengakibatan menurunnya ketersediaan darah di PMI. Ujung-ujungnya pasien mengalami kesulitan untuk transfusi darah.

“Pandemi Covid-19 membuat pendonor jadi takut keluar rumah, ada aturan PSBB harus di rumah, dan mereka juga takut tertular saat donor darah,” lanjut dr. Ulfah Suryani, M. Biomed., Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Jakarta Utara.

Baca juga: PMI Jakut Ajak Masyarakat Tidak Takut Donorkan Darah Selama Pandemi Covid-19

Selain menargetkan 1000 kantung darah, kegiatan ini juga diharapkan dapat menggerakan para penyintas Covid-19 untuk menyumbangkan plasma convalescent-nya, untuk perawatan para penderita Covid-19.

Daftarkan diri Anda secara online: http://bit.ly/G-1000kantungdarah

“Bukan hanya itu saja, Kami juga akan menghimbau kepada rekan-rekan yang pernah terpapar Virus Covid 19, dan telah sembuh, untuk bisa mendonorkan juga plasma konvalesen nya, untuk para penderita Covid 19 yg masih dalam perawatan,” tambah Andrian Emboel.

Jajaran panitia dan penggerak kegiatan Donor Darah Akbar dari FRONTAL PADEMANGAN

Selain untuk kemanusiaan, menurut bendahara panitia, Andri Azwir, acara ini juga untuk memperluas silaturrahmi antar alumni guna mewujudkan Pademangan yang lebih kompak, peduli, dan sehat secara lingkungan.

“Donor darah ini bukan hanya bertujuan untuk kemanusiaan , tetapi juga untuk memperluas silahturahmi antar alumni guna mewujudkan Pademangan yang lebih kompak, peduli, dan sehat secara lingkungan. Karena hampir rata-rata alumni tersebut adalah warga Kecamatan Pademangan sendiri,” tutup Andri Azwir, yang juga alumni SMPN 23.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya