Jumat Berkah Bamus Betawi 1982 Hari Ini Di Tipar Sukapura Jakarta Utara

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Mpok-mpok dari Bamus Betawi 1982 memang gak pernah mati gaya. Di tengah pandemi Covid-19, Mpok-mpok (red: panggilan orang betawi bagi kaum perempuan) Bamus Betawi 1982 tetap konsisten menyelenggarakan kegiatan rutin setiap Jum’at di masjid-masjid. Hari ini, Jum’at 5/02/2021, di Masjid At Taqwa, Jalan Tipar Sukapura no. 2, RT 004/02, Kelurahan Sukapura, Cilincing Jakarta Utara, Mpok-mpok membagikan nasi box kepada jama’ah.

“Nasi box sebanyak 100 box merupakan jerih-payah Mpok-mpok yang memasaknya sendiri. Giat Jumat Berkah Mpok-mpok Bamus Betawi 1982 yang rutin kami lakukan di 5 wilayah DKI Jakarta ini adalah wujud cinta kaum betawi kepada kampungnya sendiri, Jakarta,” kata Mpok Yuli menjelaskan.

Kegiatan Jum'at Berkah Mpok-mpok Bamus Betawi 1982. Foto insert Bang Boim (paling kanan)

Ketua DPD Bamus Betawi 1982 Kotamadya Jakarta Utara, Mohammad Ridwan atau biasa dipanggil Bang Boim, menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah berjalan 10 kali di 5 wilayah DKI Jakarta, yaitu, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Menurut Bang Boim, pembagian nasi box setiap Jum’at ini di bawah pembinaan Mpok Diahwati (Waketum Bamus Betawi 1982) dan untuk di wilayah Jakarta Utara adalah untuk kedua kalinya.

“Iya ini kami atas nama DPD Bamus Betawi 1982 Jakarta Utara mengucapkan makasih banyak, terima kasih sebesar-besarnya atas program yang dilakukan Mpok-mpok Bamus Betawi 1982. Ini kali yang kedua di Jakarta Utara, sebelumnya itu di masjid Luar Batang, Kelurahan Penjaringan pada bulan lalu, dan sekarang di Masjid Attaqwa Sukapura, Cilincing,” jelas Bang Boim.

“Memang ini program yang cukup baik, menyentuh langsung pada masyarakat ditengah pandemi seperti ini dimana tetap kita berbagi rezeki berbagi keberkahan tapi juga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” lanjut Bang Boim.

Kegiatan ini didanai secara swadaya oleh pengurus Bamus, anggota-anggota ormas Betawi, dan bantuan dari masyarakat. Pendanaan kegiatan secara gotong-royong oleh pengurus, anggota, dan masyarakat sudah menjadi ciri dan budaya organisasi Bamus Betawi 1982. Bang Boim berharap, kegiatan ini akan terus berjalan bahkan ketika pandemi sudah berlalu.

“Kegiatan ini harus terus berjalan sebagai gerakan yang merakyat, sebagai wujud kongkrit komitmen kerakyatan anggota, pengurus dan DPD-DPD Bamus Betawi 1982. Mudah-mudahan nanti tidak hanya di masa pandemi saja,” harapan Bang Boim, Ketua DPD Bamus Betawi 1982 Jakarta Utara.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya