Kunjungi PMI Jakut, PERKATRI Jajaki Kerjasama Penelitian Plasma Convalescent

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Penelitian dan pengembangan metode terapi yang menjanjikan untuk penanganan pasien covid-19 terus dilakukan. Salah satu metode yang dinilai memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi adalah metode terapi convalescent plasma. Istilah convalescent plasma merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama. Efektivitas terapi plasma convalescen bagi pasien Covid-19 sendiri masih diperdebatkan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Terkait penelitian terapi plasma convalescen, Perkumpulan Keluarga Trisakti (PERKATRI) , mengunjungi markas PMI Kota Jakarta Utara dalam rangka menjajaki kerjasama dalam penelitian plasma darah convalescent. PERKATRI yang di wakili oleh ketua umumnya, dr. Reza A Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA., didampingi oleh sekretaris umum, Saut Mangatas Sinaga, ST., M.Ars., memandang bahwa metode terapi ini sangat potensial untuk menyelamatkan banyak nyawa.

“Melihat tingkat keberhasilan yang tinggi dari metode terapi plasma convalescen bagi pasien Covid-19, maka sangat berpotensi untuk diterapkan secara luas. Tentu saja masih perlu dilakukan penelitian lanjutan,” kata dr. Reza Digambiro, pakar patologi anatomi lulusan Universitas Sumatera Utara yang menjabat Ketua Umum PERKATRI.

“Kami bermaksud berkolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara untuk melakukan penelitian metode terapi ini,” lanjut Ketum PERKATRI ini.

Kunjungan PERKATRI sendiri diterima langsung oleh Sekretaris PMI Kota Jakarta Utara, Endang K. S., SE., MM., dan Kepala Unit Donor Darah, dr. Ulfah Suryani, M.Biomed. PMI Jakarata Utara menyambut baik niat PERKATRI dan berharap hasil penelitian yang akan dikembangkan ini akan berguna bagi masyarakat. PMI Jakarta Utara meminta agar pertemuan ini dapat segera ditindaklanjuti.

Baca juga: PMI Jakut Ajak Masyarakat Tidak Takut Donorkan Darah Selama Pandemi Covid-19

“Terima kasih atas kunjungan PERKATRI yang memilih PMI Kota Jakarta Utara sebagai calon mitra kerjasama. PMI Jakarta Utara menyambut dengan tangan terbuka gagasan PERKATRI. Semoga penelitian yg akan dikembangkan akan berguna bagi masyarakat,” tutur Sekretaris PMI Kota Jakarta Utara, Endang K.S.

“Kami berharap apa yang diutarakan dalam kunjungan ini, bisa segera ditindaklanjuti. Kami meminta pihak PERKATRI segera mengirimkan proposal penelitian agar dapat difasilitasi oleh PMI,” tutup Pak Endang.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya