Kelurahan Kebon Bawang Terus Menggerakkan Donor Darah Suka Rela

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Baru saja dua hari berlalu (Sabtu 13/02/2021), kegiatan donor darah diselenggarakan di kantor kelurahan Kebon Bawang oleh Barisan Pemuda Nusantara (Bapera), hari ini Senin (15/02/2021), kegiatan serupa digelar kembali. Donor darah suka rela kali ini adalah kegiatan rutin Kelurahan Bawang, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Baca juga: Wagub Ariza Hadiri Pelaksanaan Bansos dan Donor Darah Bapera

Kegiatan Dondarela di Kelurahan Kebon Bawang, Senin 15/02/2021

Kegiatan rutin ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Jakarta Utara, khususnya kelurahan Kebon Bawang, terhadap fenomena menurunnya donor darah selama pandemi Covid-19. Saat ini kantor-kantor pemda di wilayah Jakarta Utara terus mengkampanyekan dan menyelenggarakan kegiatan donor darah suka rela untuk tetap bisa menjamin ketersediaan darah di PMI Jakarta Utara.

Seperti telah diungkapkan oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Jakarta Utara, dr. Ulfah Suryani, bahwa selama pandemi Covid-19 ini telah terjadi penurunan donor darah secara drastis. Penurunan bisa mencapai 50% dari waktu-waktu di luar pandemi. Penurunan ini akan diperparah pada saat bulan puasa Ramadhan. Sementara kebutuhan akan darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan tidak bisa ditunda.

“Akibatnya terjadi penurunan yang donor bisa sampai 50%. Apalagi di bulan puasa, penurunan bisa mencapai 70% dari biasanya. PMI mengalami kekurangan persediaan darah,” papar Kepala UDD PMI Kota Jakarta Utara ini, beberapa waktu lalu.

Baca juga: PMI Jakut Ajak Masyarakat Tidak Takut Donorkan Darah Selama Pandemi Covid-19

Sementara itu, kegiatan hari ini di Kelurahan Kebon Bawang, diselenggarakan dari sekitar pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00, dengan pendonor yang mendaftar sebanyak 49 orang, namun yang diterima 42 orang. Unit Donor Darah PMI Kota Jakarta Utara sendiri mengerahkan 6 orang personil. Selain itu, PMI Kota Jakarta Utara juga tengah melayani kegiatan serupa di Hotel Santika TMII dan di Jalan Balap Sepeda, Pulo Gadung.

Share and Enjoy !

Shares