Peserta Seleksi Secaba Ikut Donor Darah di Lantamal III

Jakarta Utara, JurnalUtara.com – Sebanyak 358 peserta seleksi sekolah calon bintara (secaba) tahun 2021 ikut donor darah yang diadakan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III bekerja sama dengan PMI Kota jakarta Utara, Senin 8/2/2021. Sejak pagi para peserta yang terdiri dari 62 calon putri dan 296 putra mengantri untuk diambil darahnya sebagai donor. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Komandan Lantamal III, Kolonel Laut (P) Teddie Bernard Hernawan, S.E., M.A.P., dan Ketua PMI Kota Jakarta Utara, H. Sabri Saiman. Menurut Teddie, donor darah ini dalam rangka mendukung kegiatan PMI untuk menjamin ketersediaan darah di Jakarta Utara.

“Kegiatan donor darah ini dalam rangka seleksi secaba tahun 2021 yang dimanfaatkan juga untuk kegiatan donor darah dalam rangka mendukung kegiatan PMI, menjamin ketersediaan darah di Jakarta Utara,” kata Wadanlantamal III ini.

Baca juga: IHRI Bersama Pengemudi Ojol Grab Gelar Aksi Donor Darah di PMI Jakarta Utara

Selain para peserta seleksi, Kol. (P) Teddie dan beberapa perwira juga terlihat ikut berdonor darah, salah satunya adalah asisten kesehatan Lantamal III. Giat donor darah bagi Lantamal III adalah hal yang rutin diselenggarakan di luar kegiatan ini.

“Di luar kegiatan seperti ini, kita juga rutin mengadakan kegiatan donor darah,” tutur Teddie.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa selama pandemi covid-19, terjadi penurunan donor darah di Jakarta Utara, yang berarti juga menurunnya persediaan darah di PMI Jakarta Utara. Penurunan ini akan semakin parah bila memasuki bulan puasa April nanti. Ketua PMI Kota Jakarta Utara, H. Sabri Saiman, sangat mengapresiasi kepedulian Lantamal III terhadap kebutuhan darah di Jakarta Utara. Harapannya, apa yang dilakukan Lantamal III dapat mengurangi beban masyarakat di era pandemi Covid-19.

Baca juga: PMI Jakut Ajak Masyarakat Tidak Takut Donorkan Darah Selama Pandemi Covid-19

“Saya mengapresiasi Lantamal III atas kepduliannya terhadap kebutuhan darah, yang saya harus kita apresiasi secara mendalam. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Lantamal III merupakan upaya, paling tidak, untuk mengurangi beban masyarakat terutama di era pandemi covid ini,” harap Bang Sabri.

PMI pada kegiatan ini mengerahkan 22 tenaga dari unit donor darah, di luar 2 orang pengurus, serta 3 unit kendaraan operasional unit donor darah. Sementara itu, banyak di kalangan peserta seleksi secaba, menjadi pendonor darah merupakan pengalaman pertama, seperti yang diuangkapkan oleh Indah dan Devita, dua dianatara peserta yang sempat diwawancarai.

“Baru pertama kali. Biasa aja sih. Gak sakit kok, kayak donor darah aja,” kata Indah, ketika ditanya bagaimana rasanya donor darah.

“Siap, pertama. Deg-degan sih sebenarnya, karena belum pernah donor darah,” kata Devita mengaku.

Baik Indah maupun keduanya selain optimis akan diterima, juga akan terus berdonor darah. Malah, meski mengaku deg-degan, Devita sempat berpesan kepada yang belum pernah donor darah.

“Untuk yang belum pernah donor darah, cobain,” pesannya.

Share and Enjoy !

0Shares
0
iklan-panel-surya